A Birthday Letter for My Big Man

by - January 09, 2013

me and my big man 
Hai, Ayah.
Hari ini 9 Januari 2012. Harusnya hari ini Ayah merayakan ulang tahun yang ke-57, kan? Aku nggak bisa bayangin kalau misal Ayah masih ada, bakalan kayak gimana penampilan Ayah sekarang. Pasti udah banyak ubannya. Kayaknya aku bakalan nggak sanggup nyabutin ubannya satu-satu, karena kalo uban-ubannya dicabut ntar Ayah jadi botak :))) Tapi nggak apa-apa, kan berarti di benakku Ayah nggak akan pernah tambah tua. Aku bakalan selalu mengenang Ayah seperti itu. Rambut hitam, badan tegap, perut rata, dan gigi ompong satu hihihi. Pokoknya gambaranku tentang Ayah bakalan tetap seperti itu adanya, lelaki paling ganteng yang pernah ada. Nggak akan pernah bertambah tua, jelek, dan keriput.

Nggak kerasa udah hampir lima tahun aja Ayah pergi. Dan selama itu pula aku jarang mengungkapkan perasaanku tentang Ayah. Bukan, bukan karena aku nggak mau cerita ke orang-orang betapa super kerennya Ayahku. Aku cuma nggak mau orang-orang ikutan sedih kalo denger ceritaku. Dan lagipula tidak banyak dari mereka yang menanyakan Ayah. Saat mereka tahu kalau Ayah sudah pergi, mereka akan jadi salah tingkah dan malah mengatakan "Maaf.." kemudian situasinya akan menjadi awkward. Well, kalau aku jadi mereka mungkin aku juga akan melakukan hal yang sama sih, jadi... sudahlah. Nggak penting banget deh ya ngomogin ini -,-

Karena sudah hampir lima tahun, aku sudah lupa kapan terakhir kali makan bareng Ayah. Tapi aku masih inget dengan jelas kebiasaan makan Ayah. Sebelum makan Ayah pasti glothekan pake piring sama sendok, terus kalo makan lamaaaa banget, tapi Ayah bakalan selalu makan sampai makanannya benar-benar habis tak bersisa, kecuali tulang sih. Dan sepertinya kebiasaan makan sampai habis bersih itu nurun ke aku lho ._.

Aku udah lupa kapan terakhir kali diboncengin Ayah. Tapi aku masih inget kok, gimana Ayah kalo naik motor. Naik pitung merah kesayangan Ayah itu. Aku paling seneng kalo mbonceng Ayah pas ngebut. Kayaknya Ayah kalo ngebut penak banget. Was... wes.. wos... tapi nggak pernah jatoh. Pernah sih nabrak knalpot orang, inget nggak waktu Ayah nganter aku nerangkat sekolah itu? Tapi yang jatoh malah aku yang bonceng, Ayah sama yang ditabrak gak kenapa-kenapa -,-

Aku udah lupa kapan terakhir kali denger Ayah ketawa, kapan terakhir kali denger Ayah nyanyi. Tapi aku masih inget gimana cara ketawa Ayah. Apalagi pas nonton The God Must Be Crazy, ketawanya cetar membahana :)) Aku juga masih inget Ayah sukanya nyanyi-nyanyi lagu jaman 80an abis mandi sambil joged-joged, padahal cuma pake anduk doang.

Aku udah lupa kapan terakhir kali aku denger Ayah ngaji, tapi suara Ayah pas lagi ngaji bakalan selalu nempel di otak. Sebagai seorang jebolan Mualimin, Ayah emang t.o.p kalo disuruh ngaji.
Aku lupa kapan terakhir kali nonton bola sama Ayah. Tapi aku inget banget Ayah nggak pernah absen nonton bola. Meskipun kalo nonton siaran bola dini hari, ntar endingnya TVnya yang nonton Ayah nyampe pagi. Dulu pas aku kecil kan kita sukanya rebutan TV dan aku hampir selalu menang kekeke~ Mungkin karena capek ngalah terus, makanya Ayah nularin aku kecintaannya sama sepakbola, jadi kalo ada siaran bola yang nggak terlalu malem aku juga ikutan nonton. Masih kebawa nih sampe sekarang, meskipun aku udah nggak se up date dulu sih.

Dan aku juga udah lupa kapan terakhir beliin Ayah rokok. Dulu kalo sore-sore abis pulang kantor, Ayah pasti ngajakin aku jalan-jalan naik si pitung terus endingnya berhenti di warung dan aku disuruh turun buat beli rokok -,- Dari jaman rokok Ayah masih Bentoel Biru nyampe Dji Sam Soe kretek. Aku masih apal kan.

Ayah, tau nggak sih, orang-orang bilang kalo Ayah kena serangan jantung karena Ayah perokok berat. Iya sih, emang rokok Ayah kan banter banget. Kata Mama, Ayah udah ngerokok dari SMP malah. Tapi apa iya karena rokok? Banyak loh orang-orang yang perokok berat, tapi usianya jauh diatas Ayah. Aku rasa, rokok itu cuma sebuah alasan agar kejadian serangan jantung Ayah bisa diterima. Yah, walaupun secara medis bisa dibuktikan kalau Ayah kena serangan jantung karena Ayah perokok berat. Tapi tetap saja, aku rasa itu cuma excuse yang dibuat manusia agar mereka dapat menerima kepergian seseorang. Menurut aku, Ayah pergi karena Ayah itu orang baik. Sangat baik. Jadi Allah manggil Ayah duluan biar Ayah nggak bisa nambah dosa lagi, biar Ayah nggak perlu pusing mikirin gimana putrinya yang paling cantik ini, dan biar Ayah nggak bisa sedih lagi. Aku tau, Allah sayang sama Ayah. Allah sayang sama keluarga kita. 

Serangan jantung, usia, penyakit, kecelakaan, semua itu cuma alat bagi malaikat Izrail dan sebuah alasan yang dapat diterima oleh manusia. Terkadang manusia terlalu merasa jumawa dan lalai akan hakikat mereka sebagai manusia. Bahwa nanti suatu saat, akan ada titik dimana mereka memang sudah ditakdirkan untuk meninggalkan dunia ini, dan malaikat Izrail akan menggunakan alat apapun itu untuk membawa manusia pergi. Toh, memang itu kan tujuan manusia hidup. Ayah setuju kan sama pendapatku?

Ayah, aku kangen sama Ayah. Kangen banged, pake d. Happy Birthday my big man. I miss you, and I love you so so so sooo much. Smooch~ ♥ 
xoxo, 

your  20 y.o little girl

one of my fave pic ever 

You May Also Like

0 comments