Sikunir, Dieng, dan Wonosobo

by - October 04, 2013

Weekend kemarin akhirnya sukses mengeksekusi rencana liburan, bukan sekedar rencana yang berujung wacana. Yes!

Trip ke Dieng ini diakomodir oleh Bangun yang merupakan native Wonosobo. Jadi kita nggak perlu ngeluarin duit buat tempat nginep sama makan. Tujuan utamanya adalah liat sunrise di Sikunir, Dieng.

Kita berlima (Aku, Difara, Aham, Keriting, Bangun) berangkat dari Jogja jam 5 sore naik motor, jam 7 kita berhenti sebentar di Salaman buat makan sama sholat, dan nyampe di Wonosobo jam 9 malem. Nyampe rumah Bangun ngobrol-ngobrol dulu, melakukan kebodohan, haha-hihi, terus tidur.

Jam 2 pagi kita bangun dan siap-siap buat ke Sikunir. Jam 3 berangkat dan jam 4 nyampe di Sikunir. Hal yang paling menyenangkan dari perjalanan pagi buta itu adalah langitnya! Sepanjang jalan menuju Dieng, langit bertabur bintang, dan jalan yang nggak ada lampunya itu nggak gelap gulita karena diterangi oleh sinar bulan. Keren! Sayangnya nggak sempat ngefoto langit soalnya kita berasa membeku di jalan dan ogah rempong berhenti dulu buat ngeluarin kamera.

Setelah menghalau halangan dan rintangan buat menuju puncak Sikunir, kita sampai pos 1 dengan sukses dan disambut dengan semburat warna merah di ufuk timur.
That moment when mataharinya mulai naik itu subhanallah bagusnya. Bentuknya semacam sunset gitu, bulet dan merah, tapi ini terbit, bukan tenggelam.
Sebelum mataharinya terbit, dinginnya menggigit banget. Nyampe tangan pun rasanya membeku. Tapi begitu mataharinya terbit, berjemur di bawah sinar matahari rasanya enak bangeeet. Dinginnya perlahan meleleh.

Setelah puas nangkring di pos 1, kita lanjut ke pos 2 which is cuma 10 menit dari pos 1. Dan di pos 2,
pemandangannya lebih wow lagi.
Bisa liat Gunung Sindoro, dan Dieng dari atas.

Terus sambil jalan turun bisa liat Telaga Cebong yang ada di bawah Sikunir.

Pas udah mau nyampe parkiran, kita nemu pelangi di petak perkebunan yg lagi disiramin gitu

Sampe di parkiran motor, kita mampir ngopi bentar di warung. Ada beberapa lapak warung di sana dan nyediain snack gitu, tapi nggak recommended.
Dan tetep nyempetin buat jalan ke Telaga Cebong

Setelah puas memanjakan mata dengan pemandangan yang uwow banget, destinasi selanjutnya candi. Kita ke Candi Arjuna yang biasanya dipake buat ritual potong rambut anak gimbal. Katanya sih sering dipake foto prewed gitu juga.

Jam 10 kita balik ke Wonosobo buat istirahat karena sorenya kita berencana jalan-jalan di Wonosobo. Berasa anak gaul Wonosobo gitu deh. Tapi tujuan utama jalan-jalan sore kita adalah... Mie Ongklok!

Sorenya Wonosobo agak mendung, gerimis malah. Dan setelah muterin alun-alun nyampe 3x karena bingung mau ke warung mie ongklok yang mana, sampai lah kita ke mie ongklok yang pernah didatengin Pak Bondan. Aku lupa tapi nama warungnya.
Seriusan ini mie ongkloknya enaaak bangeeetttt! Nyampe abis selese makan tu rasanya bahagia gitu. Dingin-dingin, makan mie ongklok panas plus sate ayam yang nggak kalah uenak.. foodgasm!

Abis makan nyari tempat buat nongkrong duduk-duduk dan dituntunlah kita ke cafe gitu. Ternyata saudara-saudara, di Wonosobo itu harga makanan bersahabat banget sama kantong. Harga secangkir cokelat panas di cafe (yang aku lupa namanya itu) cuma Rp. 6000,- kalo cafe di Jogja? Duit segitu cuma dapet es teh rasa buah.
Oh iya, karena Wonosobo itu ada di daerah yang tinggi, jadi jalannya banyak jembatan gitu dan jadi bisa liat pemandangan. Kalo pagi bisa liat pemandangan dan kalo malem bisa liat kota bermandikan cahaya lampu. Nggak perlu jauh-jauh ke Bukit Bintang macem di Jogja kalo cuma mau liat 'bintang'.