Film Screening: Epic Java

by - October 12, 2013

Beberapa yang lalu, ada yang posting tentang Epic Java di group SCRYN. Begitu liat trailernya, langsung ngiler pengen nonton. 

Epic Java (2013) Official Trailer

Dan akhirnya setelah agak hopeless menanti akan kepastian iya-tidak-nya film itu diputar di Jogja, ada kabar kalo Epic Java bakal screening di sini, Kamis, 10 Oktober 2013.
Nah, ternyata oh ternyata, dari pihak panitia cuma menyediakan 250 tiket aja dan dijual pas hari-H jam 11.00. Untungnya temen aku mau berbaik hati ngantriin tiket, dan berhasil mendapatkan tiket yang dalam 20 menit sold out itu (padahal satu orang maksimal cuma boleh beli 4).

harga tiketnya IDR 20.000

Dengan membuang jauh-jauh perasaan bersalah karena harusnya malem itu aku belajar buat kuis Australian Literature paginya, aku nonton screening Epic Java. And I didn't regret it!

Di screening kemarin itu, selain ada pemutaran Epic Java, penonton juga dikasih liat video the Making of Epic Java sama The Journey of Epic Java. Ada diskusi film-nya juga dan kita bisa berinteraksi sama Febian Nurrahman Saktinegara (director, cinematographer, editor), Galih Mulya Nugraha (screenwriter), dan Denny Novandi Ryan (music composer, sound designer), who are the men behind Epic Java. Selain mereka, pembicaranya ada Marzuki Mohammad (Kill the Dj Jogja Hiphop Foundation), dan Rizky Sasono (Risky Summerbee) yang ikut ngasih masukan ke team Epic Java.


Mereka cerita banyak-banyak seputar pembuatan film Epic Java yang hanya berdurasi 30 menit tapi membutuhkan waktu satu tahun untuk pengerjaannya. Filmnya sendiri dibagi kedalam tiga bagian: Surya, Priangan, dan Sakral.

Epic Java - Surya Teaser 
Surya berpusat di Jawa bagian timur dan menceritakan tentang 'lahirnya' pulau Jawa. Di bagian pertama penonton dimanjakan dengan kegersangan yang indah dari banyak spot di Jawa Timur, sebut aja Baluran, Kawah Ijen, Bromo, Pantai Klayar.


Epic Java - Sakral Teaser
Sakral mengambil lokasi di Jawa bagian tengah. Kekayaan candi-candi di Jawa Tengah diekspos dan dibalut dengan spiritualitas masyarakat Jawa. Di bagian ini bisa dilihat keindahan Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Arjuna, Sri Gethuk, Taman Sari dan spot-spot lain.

Epic Java - Priangan Teaser
Bagian ketiga, Priangan, mencakup wilayah Jawa bagian barat. Di bagian ketiga ini yang lebih diekspos adalah keindahan Jawa yang dipadukan dengan kehidupan modern.

Overall, meskipun masih banyak kekurangan, film Epic Java ini bisa dibilang keren abis. Selama 30 menit beneran dibikin terkagum-kagum dengan potongan-potongan keindahan Jawa yang (kalo kata Jebraw & Naya) mind-blowing dan breath-taking.

Dan film ini juga bikin pengen mengeksplor Jawa lebih dalem. Pengen dengerin deburan ombak di Pantai Klayar, pengen ngeliat hamparan bintang di Garut, pengen berenang di Green Canyon, pokoknya pengen menjelajah keindahan alam Jawa!

By the way, dengan 20.000 itu, penonton dapet teh kotak, kaos plus tas kanvas dari teh kotak, sticker Epic Java, dan postcard. And you know what, aku dapet postcard Candi Arjuna yg di Dieng. Padahal kemarin abis dari sana. Coincidence? 

You May Also Like

0 comments